Happy Cute Box Bear

jumlah pengunjung

Flag Counter

jam

arti dari angka 17

Angka 17 dalam Khazanah Keindonesiaan dan Keislaman

Diakui atau tidak angka 17 mempunyai makna penting dalam khazanah keindonesiaan dan keislaman di kawasan Zamrud Katulistiwa ini.
Pasalnya, dalam wawasan kebangsaan 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang terlepas dari penjajahan dunia.
Bagi pengikut ajaran Muhammad angka 17 erat kaitanya dengan; 17 rakaat dalam shalat lima waktu menjadi kebutuhan bagi seorang muslim; 17 ramadhan adalah waktu diturunkannya al-quran secara berangsur-angsur yang dimulai dari surat al-alaq dari ayat satu sampai lima “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menjadikan. Yang menjadikan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu teramat Mulia. Yang mengajarkan dengan pena (baca tulis). Mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”; 17 shaum tahun 2 Hijriah (17 Maret 624 M) terjadinya perang Badr (kali pertama) antara pasukan muslim (313 orang) dengan Quraisy (1.000 orang) yang berpusat di Makah. Kekuatan iman (umat islam) dan ikhtiar menahan hawa nafsu untuk tidak lagi dari peparang akhirnya bisa mengalahkan kepongkahan penguasa lalim pada saat itu.
Kejadian maha dahsyat ini termaktub dalam Quran Surat Al Anfaal ayat 17 dan 45; “Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Anfaal: 17); “Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS. Al Anfaal: 45)
Ihwal angak 17 bagi ilmu matematika adalah bilangan prima (2,3,5,7,11,13,17). Tentunya, bilangan prima tidak bisa dibagi dengan bilangan berapapun, kecuali bilangan 1 dengan bilangan itu sendiri.
Secara psikologis 17 peralihan dari remaja ke dewasa dengan petanda setiap perbuatan dalam mengambil suatu keputusan harus  dipertanggungjawabkan.
Mengenai angak 17 waktu tepat untuk merdeka. Ini terlihat dari dialog Soekarno dengan Sukarni di Saigon guna mempercepat kemerdekaan, seperti yang dimuat Partai Demokrasi Pembaruan; “Mengapa justru diambil tanggal 17, mengapa tidak sekarang saja, tanggal 16?” tanya Sukarni.
“Saya seorang yang percaya pada mistik. Saya tidak dapat menerangkan dengan pertimbangan akal, mengapa tanggal 17 lebih memberi harapan kepadaku. Akan tetapi saya merasakan di dalam kalbuku, bahwa itu adalah saat yang baik. Angka 17 adalah angka suci.
Pertama-tama kita sedang berada dalam bulan suci Ramadhan, waktu kita semua berpuasa, ini berarti saat yang paling suci bagi kita. tanggal 17 besok hari Jumat, hari Jumat itu Jumat legi, Jumat yang berbahagia, Jumat suci. Al-Qur’an diturunkan tanggal 17, orang Islam sembahyang 17 rakaat, oleh karena itu kesucian angka 17 bukanlah buatan manusia,”jawab Bung Karno.
Soal mistik dalam angka 17 yang terdiri dari 1 dan 7. Bagi Annemarie Schimmel, ilmuwan asal Jerman dalam buku Misteri Angka-angka dalam Berbagai Peradaban Kuno dan Tradisi Agama Islam, Yahudi dan Kristen (2006) menyakini angka 7 adalah angka favorit sepanjang sejarah manusia. “Angka 7 telah memesona manusia sejak zaman dahulu kala. Angka ini dipercaya mengandung unsur magis paling tinggi,” tulisnya.
Ingat, dalam lintasan sejarah nusantara mewujudnya hari kemerdekaan (17 agustus) dan 17 ramadhan (nuzulul al-quran) merupakan bukti nyata kesatuan keindonesiaan dan keislaman yang tak bisa dibantahkan.
Kendati, M.C. Ricklefs sejarahwan dari Universitas Nasional  Singapore menerangkan dalam buku Sejarah Indonesia Modern 1200-2008 (2008:444-445) beranggapan bersatunya peristiwa penting itu hanya  kebetulan (accidental) semata.
Namun, pendapat ini dibantah Nurcholish Madjid melalui buku 30 Sajian Ruhani: Renungan di Bulan Ramadhan (1998) kejadian berbarengan itu terlihat bersifat kebetulan dalam kacamata manusia, tetapi sebenarnya ini merupakan rencana Tuhan (grand design Sang Khalik) secara sunatullah. Seperti kisah dibuangnya Nabi Ismail a.s bersama Siti Hajar (ibunya) ke Mekkah, yang berhasil menemukan sumur Zam-zam untuk bisa bertahan hidup. Konon, air berkah itu pertama kali dibuat oleh Nabi Adam dan Siti Hawa.
Inilah beberapa kedahsyatan angka 17 yang terekam dalam khzanah keindonesiaan dan keislaman. Semoga menjadi spirit bagi kita semua guna mengisi kemerdekaan republik indonesia ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

abc

selamat datang terimah kasih telah berkunjung :)

Definition List

Bookmarks

usaha berhasil
Diberdayakan oleh Blogger.